Sunday, February 2, 2014

Keleakuan-kelakuan orang pas Jumatan

Kamis malam, malam dimana sebagian orang menganggap bahwa itu adalah malam keramat, malam paling angker, dan malam paling terkutuk kalo buat pacaran. Konon kabarnya, kalo kita pacaran dibawah pohon pas malam jumat, slalu ada kejadian-kejadian aneh. Misalnya, yang cowo tititnya pindah ke ketek, atau yang cewe dadanya pindah ke dengkul. Tapi entahlah, gue gak percaya gitu-gituan, karena selama ini gue baik-baik aja. Yaiyalah, boro-boro pacaran malem jumat, punya pacar aja kagak..tapi..ahsudahlah.

Tapi kali ini gue gak mau ngebahas soal malem jumat, apalagi soal pacaranya. Ngebahas soal pacaran itu menurut gue sama aja ngebahas hal ghaib. Entah apa artinya gue gak tau. Dan kali ini gue mau ngebahas soal Jumatan. Yap, tentang kebiasaan-kebiasaan orang yang biasa dilakuin pas jumatan. Kadang setiap orang mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang "aneh" kalo pas Jumatan.


Kebiasaan-kebiasaan ini kadang suka dilakuin sama anak kecil, abege, bahkan sampe mbah-mbah yang kalo jumatan berangkatnya jem setengah sepuluh yang katanya biar bisa dapet barisan paling depan. 

Nah, kelakuan-kelakuan orang kalo pas jumatan nggak tau kenapa banyak yang sama, entah emang tradisi atau emang biar mainstream aja, diantaranya kayak gini:

Jumatan cuma sempakan doang

Maksud gue tu bukan ke mesjid cuma pake sempak doang terus ikut sholat, yang ada malah bubar tu jamaah. Tapi maksudnya tu pake pakean lengkap, pake sarung juga, tapi gak pake celana. Jadi cuma sempakan doang. Nah yang suka kayak gini tu biasanya para orang tua, gue gak ngerti apa maksudnya. Entah biar semriwing atau emang apa.

Gue pernah nyoba sekali kayak gini. Dan apesnya, pas lagi khusuk sholat tiba-tiba ada anak kecil yang mlorotin sarung gue, endingnya selama 3 tahun gue gak jumatan di mesjid itu lagi -___-

Pura-pura masukin duit ke kotak amal

Nah kalo yang ini biasanya anak-anak sekolahan nih. Lagi duduk dengerin khotbah tiba-tiba kotak amal lewat dan orang di samping masukin duit semua ke tu kotak. Dan entah karena gengsi atau apa biasanya suka pura-pura masukin sambil goyangin kotak amalnya gitu biar suara duitnya keluar.

Pura-pura tidur

Ini menurut gue paling absurd. Pernah gitu gue liat orang yang lagi dengerin khotbah dengan antusiasnya. Giliran ada kotak ama mendekat, dianya malah ngantuk, semakin dekat semakin ngantuk, dan tertidur saat kotak amalnya di depanya. Giliran udah jauh, dianya mulai bangun lagi. Gue curiga kotak amalnya punya ilmu sakti kayak Uya Kuya.

Sendal di colong, malah ikut nyolong

Gimana sih perasaan kalian kalo pas kelar sholat jumat dan ketika mau pulang ternyata sendal kita udah gak ada di parkiran? Kadang gue suka gedeg sendiri kalo pas kayak gitu. Endingnya gue nyari sendal lain yang rada miripan sama sendal gue, terus gue bawa kabur aja. Yah itu dulu pas gue masih kecil, ya walaupun sampe sekarang juga masih sih :|

Kadang gue kepikiran sama temen gue yang punya koleksi sendal bagus-bagus dan keren banget. Tadinya gue pikir dia emang suka beli buat dikoleksi, ternyata cuma karena rajin jumatan. If you know what I mean laah.

Nah, kira-kira itu kelakuan orang kalo lagi jumatan yang sering gue temuin. Tapi yang jelas itu hanya sebagian orang, karena gue percaya, niat mereka yang jumatan adalah tulus untuk beribadah, bukan hanya numpang tidur atau nyolong sendal belaka. Gue jadi inget kata temen gue yang suka bilang gini:

"Nggak Jumatan nggak LAKI"

Yap, gue setuju banget, karena emang jumatan kewajiban bagi cowo, dan kadang gue suka berpikir "Berati yang gak jumatan itu gak punya titit", hahaha..ahsudahlah

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...