Friday, January 15, 2016

Lebih pilih mana, tinggal di kampung atau di kota?

 Dua hari yang lalu, gue balik ke kampung gue di Kebumen. Terakhir gue di kebumen itu pas masih musim tanam padi. Btw kampung gue itu emang di pedesaan.



Gue jadi ngerasa lega banget bisa ngerasain suasana kampung. Di jogja, jalanan udah mulai ramai. Mobil, motor, udah banyak. Bikin sesek jalanan jogja. Macet, panas, sumpek udah biasa. 

Soal makanan, gue emang vegetarian, gak mau makan daging. Kecuali kalo pas di warung padang, geprekan, waroeng steak, sama warung warung yang jual daging.

Sebenernya kalo soal makanan gue lebih suka daun daunan. Daun sayuran loh, bukan daun kelapa. Gue lebih suka sayuran sayuran yang dimasak sederhana, misalnya rebusan brokoli. Tapi gue belom nemuin warung makan di jogja yang emang jualan sayur seger seger. Intinya sayuran yang warna ijo.

Tiap warung makan di jogja punya andalan sayuran masing masing. Tapi kebanyakan olahan yang dipake itu jenis mie, tempe, kacang, sawi. Dan yang gue gak ngerti, entah masaknya gimana, warnanya udah gak seger lagi. Pucet. Ya walopun tetep gue makan sih, laper.

Di kampung gue, sayuran banyak. Melimpah. Baik tanaman sendiri, maupun orang lain. Eits, bukan berati nyolong loh ya. Jadi, di kampung gue, walopun gue gak nanem sayur, emak gue selalu ditawarin macem macem sayuran, dan yang pasti masih seger.

Gue ngebayangin gimana enaknya hidup di kampung. Dimana makanan sehat melimpah. Ikan tinggal ngambil di sawah. Sayuran tinggal metik, gak punya sayuran tinggal minta. Buah tinggal metik, gak punya buah juga bakalan ditawarin sama tetangga. Beras? Belom pernah seumur hidup gue pas dirumah makan nasi hasil beli beras. Di kampung gue tanaman padi melimpah. 

Terus kenapa banyak orang keluar dari kampung hanya untuk merantau?

Dan sekarang gue baru tau alesanya. Duit. 

Karena semua orang sudah mempunyai apa yang kebanyakan orang perlukan, jadi mereka tidak memnutuhkanya dari orang lain. Dari sini sebenernya yang menghambat perputaran uang di kampung gue. Mau jual beras, udah pada punya beras. Mau jual sayur, udah banyak yang nanem. Dan lainya.

Jadi, menurut gue, mau tinggal di kota maupun di desa, semua ada kelebihanya masing masing. Di kota mungkin nyari duit gampang, tapi semua kebutuhan harus beli. Di kampung, semua kebutuhan tersedia, tapi mungkin perputaran uang jadi lambat. 

Dimanapun tinggalnya, yang penting jangan lupa bersyukur dengan hal hal sederhana yang udah  kita punya :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...